Connect with us

Pemerintahan

Pemkot Batu Naikan Beasiswa Sebesar Rp 1 M di Tahun 2020

Diterbitkan

||

Pemkot Batu Naikan Beasiswa Sebesar Rp 1 M di Tahun 2020

MEMONTUM KOTA BATU – Kebutuhan biaya pendidikan yang semakin meningkat di respon positif oleh pemerintah Kota Batu dengan menambah anggaran pada 2020 nanti. Pemkot Batu siap menggelontorkan anggaran sekitar Rp 3 miliar untuk beasiswa pada 2020. Hal tersebut dikatakan Kepala Bappeda Kota Batu M Chori saat berpidato di hadapan ratusan pelajar asal Kota Batu yang mengikuti pengukuhan pelajar sadar hukum di Balaikota Among Tani, Senin (14/10/2019).

Ada tambahan anggaran beasiswa sebesar Rp 1 miliar dibanding tahun 2019 yang sebesar Rp 2 miliar. Chori mengatakan, beasiswa itu sebagai bentuk komitmen Pemkot Batu meningkatkan SDM Kota Batu. Pemkot Batu memang gencar menekan angka putus sekolah. Pelajar di Kota Batu didorong untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“Anak-anak sekolah dari Kota Batu supaya tidak berhenti di tingkat SMA. Artinya diberikan kesempatan kepada anak-anak kita yang berprestasi bisa kuliah sampai keluar negeri. Sekarang juga ada yang dibantu sampai keluar,” ujar Chori, Senin (14/10/2019).

Chori juga berharap, para pelajar yang telah mendapatkan beasiswa bisa memanfaatkan kesempatan mengenyam pendidikan dengan baik. Bahkan Chori mengimbau agar anak-anak yang mendapatkan beasiswa bisa kembali ke Kota Batu dan membangun daerahnya.

“Ini komitmen, ya nanti dari Dinas Pendidikan akan mengatur seperti apa prosedurnya. Harapan kami bisa berkontribusi untuk daerah,” urainya.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Pemkot Batu telah mengucurkan anggaran sebanyak Rp 2 M untuk pelajar SMA sederajat di Kota Batu pada Juli 2019. Punjul menambahkan bantuan itu sudah masuk ke dalam APBD 2019 dengan total Rp 20 miliar.

“Tentu bantuan itu nanti rutin setiap bulan, untuk nominalnya tetap sama seperti sebelumnya,” imbuhnya.

Nominalnya yaitu Rp 120 ribu per siswa SMA. Untuk siswa SMK menerima Rp 200 ribu per siswa. Sedangkan siswa SMK non teknik Rp 145 ribu, dan SMK teknik Rp 185 ribu. (bir/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler