Pemerintahan

Forkopimda Tinjau Pospam dan Gereja di Kota Batu, Jamin Keamanan bagi Umat Kristiani Rayakan Natal

Diterbitkan

-

Forkopimda Tinjau Pospam dan Gereja di Kota Batu, Jamin Keamanan bagi Umat Kristiani Rayakan Natal

MEMONTUM KOTA BATU – Forum koordinasi pimpinan daerah Kota Batu pantau arus lalin Ops Semeru 2019 dengan mengunjungi delapan Posyan dan Pospam. Selain itu mereka juga melakukan pengamanan dan mengunjungi geraja-geraja di Kota Batu pada malam perayaan Natal, Selasa (24/12/2019) kemarin.

Kunjungan ke Pospam dan gereja-geraja di Kota Batu tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko M.Si, Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama SIK MIK, Pabung Kodim 0818 Mayor Arm Chairul Effendy, Kepala OPD, dan jajaran organisasi lintas agama seperti Ansor dan Pemuda Pancasila.

Dalam kunjungan ke delapan Pospam dan Posyan, Dewanti memimpin dan mngecek ke lokasi-lokasi tersebut menggunakan sepeda motor. Mengingat selama libur Natal dan Tahun Baru Kota Wisata Batu selalu dipadati kendaraan dari berbagai daerah untuk berwisata terhitung sejak libur sekolah Senin (23/12/2019) lalu.

Dari hasil kunjungan, Dewanti mengungkapkan Pemkot Batu ikut serta dalam pemantauan ini sebagai bentuk support agar petugas di pos pantau bisa bersemangat dalam mengamankan Kota Batu.

Advertisement

“Kunjungan ini untuk memberi semangat mereka yang bertugas mengamankan ops Lilin Semeru 2019. Pasalnya merekalah yang turut memberikan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang datang ke Kota Batu,” ujar Dewanti kepada wartawan.

Ia menjelaskan pada setiap pos Pemkot Batu juga mengirimkan personil tambahan dari Dishub, Satpol PP, dan tenaga medis dari Dinkes. Belum lagi ditambah dari organisasi lainnya yang ada di Kota Batu untuk pengamanan arus lalin dan perayaan Natal.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kapolres Batu, Harvi bahwa dalam liburan ini ada sekitar 4000-5000 kendaraan yang masuk tiap hari. Pihaknya berharap dengan adanya Pospam dan Posyan di delapan titik mampu mengurai kemacetan yang terjadi dan memberi rasa aman dan nyaman.

“Kami harap dengan adanya Posyan dan Pospam mampu mengamankan dan mengatur lalin saat puncak kepadatan lalin. Kami prediksi kepadatan lalin terjadi pada 27 Desember. Karena pada waktu-waktu tersebut wisatawan akan datang dari berbagai daerah melakukan perayaan tahun baru di Kota Batu,” bebernya.

Advertisement

Tak hanya itu, setelah meninjau Pospam dan Posyan, juga dilakukan kunjungan ke tiga geraja di Kota Batu. Yakni Gereja Jago di Jalan Trunojoyo Kelurahan Songgokerto, Gereja Elohim di Jalan Diponegoro Kelurahan Sisir, dan Gereja Gembala Baik di Kelurahan Ngaglik.

Kunjungan tersebut untuk memastikan rasa aman jamaah yang merayakan Natal. Selain juga dilakukan penyisiran oleh tim Gegana di gereja-gereja yang ada di Kota Batu. Nampak setelah dilakukan penyisiran hampir seluruh gereja di Kota Batu dijaga oleh Personil gabungan. Baik dari TNI, Polri, Ansor, dan juga Pemuda Pancasila. (bir/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas