Pemerintahan

Perpustakaan Kota Batu Masih Butuh Kendaraan Pelayanan Masyarakat dan Tingkatkan Minat Baca

Diterbitkan

-

Perpustakaan Kota Batu Masih Butuh Kendaraan Pelayanan Masyarakat dan Tingkatkan Minat Baca

MOMENTUM KOTA BATU – Sarana dan prasarana Perpustakaan Kota Batu masih sangat terbatas. Saat ini, Perpustakaan Kota Batu memiliki dua armada mobil untuk melayani perpustakaan keliling. Padahal idealnya tiap kecamatan paling sedikit memiliki dua unit mobil keliling. Seperti disampaikan oleh Kabid Perpustakaan Kota Batu Mawardi.

“Agar bisa memberikan pelayanan secara maksimal kami butuh enam unit dengan asumsi tiap kecamatan memiliki dua unit mobil perpustakaan keliling. Di Kota Batu ada tiga kecamatan. Selama ini sudah kami ajukan tapi belum terealisasi,” ujar Mawardi.

Dikatakan Mawardi, dengan keterbatasan unit itu, pihaknya kesulitan melayani masyarakat. Di Kota Batu, menurut informasi yang disampaikan Mawardi, terdapat 76 sekolah tingkat dasar baik negeri maupun swasta. Sekolah tingkatan dasar di bawah Kemenag 14 sekolah. Sedangkan SMP ada 32 sekolah baik swasta dan Negeri.

“Belum lagi SMA, di satu pihak, dari sekian banyak sekolah dan masyarakat, Pusling kami hanya dua. Menurut saya enam sehingga masing-masing kecamatan dua. Supaya meningkatkan budaya baca, maka perlu memperbanyak unit,” ujarnya.

Advertisement

Mawardi menerangkan, saat ini pihaknya tengah bekerja keras untuk mengubah paradigma masyarakat. Masyarakat Kota Batu harus terbiasa membaca agar tingkat literasinya tinggi. Dengan tingkat literasi yang tinggi, maka akan berdampak positif pada masyarakat itu sendiri.

“Kendalanya saat ini karena kita tidak pernah melakukan pembiasaan membaca, itu jarang sekali. Memang belum biasa, makannya harus mengubah paradigma,” paparnya.

Strategi untuk meningkatkan minat baca kepada masyarakat juga dilakukan dengan cara mendekatkan buku kepada warga. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses bacaan. Selain itu, juga upaya digitalisasi buku-buku yang ada di Perpusatakaan Kota Batu.

Dengan adanya buku-buku digital, maka akses untuk membaca bacaan semakin mudah. Pemkot Batu saat ini tengah gencar-gencarnya memperkenalkan e-book dari buku-buku Perpustakaan Kota Batu. Program ini dilaunching pada Desember 2019 lalu.

Advertisement

Saat ini ada sekitar 30 ribu eksemplar koleksi buku di Perpustakaan Kota. Dari jumlah itu ada 26 ribu judul dan 167 e-book. Data yang tercatat di Perpustakaan Kota Batu, pada 2019 terdapat 31.078 perpustakaan. Ada 6179 peminjam dengan jumlah 12.229 eksemplar. Perpustakaan keliling memiliki data pembaca tertinggi dengan jumlah 12.254 orang. (bir/yan)

 

Advertisement
1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas