Pemerintahan

Pemkot Batu Mulai Salurkan JPS, Rp 1 Juta pada 933 Warga Terdampak C-19

Diterbitkan

-

Pemkot Batu Mulai Salurkan JPS, Rp 1 Juta pada 933 Warga Terdampak C-19

Memontum Kota Batu – Pemkot Batu mulai mendistribusikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada 933 warga di tiga kecamatan Kota Batu Kamis (30/4/2020). Bantuan yang diberikan sesuai janji senilai Rp 1 juta rupiah bagi warga yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinsos Kota Batu.

Bantuan diberikan langsung kepada warga terdampak Covid-19 secara tunai. Dengan pendampingan TNI/ Polri di tiap Kantor Pemerintah Desa/Kelurahan sesuai protokol kesehatan. Pendistribusian dilakukan secara bertahap di empat desa terlebih dahulu.

“Pelaksanaan bantuan ini merupakan perhatian Pemkot Batu untuk masyarakat terdampak Covid-19. Kami dari Dinsos sabagai bagiann Gugus Sargas bertugas sabagai pengumpul data yang sudah dirapatkan oleh Forkopimda Kota Batu,” ujar Kepala Dinsos Kota Batu Ririk Mashuri kepada wartawan.

Ia menerangkan penerima bantuan sosial merupakan warga terdampak meliputi supir, tukang ojek, buruh tani, PKL, usaha kantin sekolah, dan pekerja informal. Penerima bantuan merupakan data yang diterima oleh desa/kelurahan.

Advertisement

“Penerima bantuan atas persetujuan dari bu Wali. Hari pertama ini dilaksanakan di empat desa/kelurahan. Meliputi Desa Pesanggrahan dengan penerima 126 DTKS, Kelurahan Sisir ada 116 DTKS, Desa Pandanrejo 36 DTKS, dan Desa Mojorejo sebanyak 16 DTKS,” terangnya.

Ia menerangkan, bahwa DTKS merupakan warga terdampak yang belum menerima bantuan sama sekali. Baik dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan desa/kelurahan atau mereka yang tidak menerima program bantuan sama sekali.

“Sedangkan untuk Non DTKS akan diberikan pekan depan. Dengan jumlah data Non DTKS 9.185 dan 8.126 serta ditambah lagi DTKS yang bervariasi penerimanya. Untuk Non DTKS adalah yang sudah menerima bantuan sosial. Misal dari pusat sudah dapat BLT Rp 600 ribu. Nah kita tinggal tambah Rp 400 ribu agar nilainya sama Rp 1 juta,” terangnya.

Sementara itu, Aminah salah satu warga Kelurahan Sisir merasa bersyukur atas pencairan bantuan ini. “Terimakasih kepada pemkot Batu karena bantuan yang dijanjikan hari ini sudah diberikan, saya merasa bersyukur sekali sebab dengan bantuan ini sangat membantu kebutuhan kami, ” ujarnya.

Advertisement

Ditanyakan perihal proses pencairannya, Aminah menyampaikan bahwa proses pencairan sangat cepat dan tidak ribet karena bantuan diberikan secara tunai tanpa harus dengan membuka rekening terlebih dahulu. (bir/yan)

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas