Pemerintahan

Kompolnas Kunjungi Omah Ayom, Berikan Penghargaan pada Tiga Polisi Berprestasi

Diterbitkan

-

Kompolnas Kunjungi Omah Ayom, Berikan Penghargaan pada Tiga Polisi Berprestasi

Memontum Kota Batu – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengunjungi Mapolres Batu, guna melihat secara langsung tata pengelolaan omah ayom, serta sinergitas antara Kepolisian dan Pemerintahan setempat. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Kompolnas Andre H Poeloengan , SH, Mhum usai acara penyambutan di Ruang Rupatama Mapolres Batu, Kamis (16/7/2020).

Menurut Andre, Polres Batu dan pemkot setempat supaya mengoptimalkan keberadaan Omah Ayom yang ada di kota Batu. “Karena omah ayom sebagai fasilitas publik yang sangat membantu pemulihan psikis anak yang menjadi korban kekerasan,” katanya.

Terkait dengan itu, Andre mengaku awalnya keberadaan omah ayom tersebut seperti hal yang biasa saja. Namun setelah dilakukan pendalaman, ternyata ada sesuatu yang luar biasa.

“Dimana ada sinergitas tanpa sekat antara Polres Batu dengan pemangku kepentingan,” paparnya.
Karena, menurutnya, diketahui, fasilitas omah ayom tersebut, dibuat oleh Polres Batu untuk pendampingan psikis kepada anak dan perempuan korban kekerasan.

Advertisement

“Pengelolaannya tidak hanya dilakukan polisi, namun juga beberapa OPD terkait. Dari Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial, serta instansi yang menangani pengenalan penduduk di Kota Batu,” ungkapnya. Lantas, Andre menambahkan bahwa keberadaan omah ayom yang dimaksud, sangat membantu kepada anak dan perempuan di Kota Batu yang menjadi korban kekerasan.

“Maka Kompolnas akan terus mendorong optimalisasi omah ayom dalam upaya menjaga psikis anak/ perempuan yang sempat down atau menurun selama menjalani pemeriksaan bahkan hingga pasca putusan pengadilan, kemudian ada pendampingan dari psikolog yang akan memberikan konseling sehingga secara psikis anak dan perempuan ini tetap terjaga dan tetap percaya diri,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, SIK , MIK berjanji akan meningkatkan fungsi dan manfaat omah ayom di Kota Batu yang telah berdiri sejak tiga tahun lalu.

“Kami akan segera melakukan pertemuan dengan tim kecil yang mengelola omah ayom untuk membahas masukan dan saran dari Kompolnas agar bisa segera diterapkan di omah ayom,” timpalnya.

Advertisement

Harvi menambahkan, selain meninjau keberadaan omah ayom, Kompolnas juga memberikan apresiasi kepada tiga anggota Polres Batu yang memiliki prestasi dalam menjalankan tugasnya.

“Dari ketiga Polisi yang dimaksud, Bripka Ari Yudiantoro selaku Babinkamtibmas di Kelurahan Ngaglik yang telah mengubah motor dinasnya menjadi perpustakaan berjalan. Dengan begitu tengah menginisiasi anak- anak di lingkungan tempatnya dalam bertugas untuk lebih gemar membaca,” lanjutnya.

Selanjutnya, Iptu Agus Mulyono,selaku Kasubag Hummas Polres Batu yang mau meluangkan waktunya untuk mengajar ngaji para lansia. Dan yang terakhir, Bripka Siti Nurlaila yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Sisir.

“Seorang Polwan Nurlalila dengan aksi nekatnya sangat berani menerjang medan saat terjadi kebakaran di wilayah Kelurahan Sisir, Kota Batu,” puji Harvi (bir/yan)

Advertisement

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas