SEKITAR KITA

Peringati 52 Tahun Kadin Indonesia, Kadin Kota Batu Siap Kembangkan Potensi Lokal

Diterbitkan

-

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Batu, Suryo Widodo.
Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Batu, Suryo Widodo.

Memontum Kota Batu – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu bergerak cepat dengan membentuk koperasi. Yang salah satu usahanya adalah membantu mengangkat potensi ekonomi lokal, baik untuk merangsang tumbuhkembangnya UMKM serta potensi pertanian yang menjadi mayoritas mata pencaharian masyarakat Kota Batu.

Karena itu Kadin berencana memetakan potensi ekonomi di setiap desa/kelurahan. Hal ini menjadi program utama dalam peringatan 52 tahun Kadin Indonesia dan refleksi 1 tahun berdirinya Kadin Kota Batu.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Batu Suryo Widodo mengatakan, pemetaan potensi ini penting untuk dilakukan sebagai dasar penguatan ekonomi. Contohnya pada sektor pertanian.

“Para petani kita sering mengalami kalah harga saat musim panen, padahal kualitas sangat bagus, hal ini sesuai analisa disebabkan kita tidak memetakan jenis tanaman, berapa jumlah kebutuhan pasar atau keseimbangan produksinya, kedepan kita harus merubah strategi, apa yang harus di tanam serta berapa jumlahnya, ini penting agar stok barang tidak berlebih, yang berpengaruh pada stabilitas harga,” ujar Suryo.

Advertisement

Sehingga nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi terlebih saat ini masa pandemi Covid-19.

“Kami akan membangun ekonomi Kota Batu dengan mulai memetakan dasar potensi ekonomi yang ada di setiap desa/kelurahan. Kami memetakan kualifikasi pelaku-pelaku usaha yang ada di seluruh Desa. Targetnya sekecil apapun potensi dan unggulan ekonomi bakal kita bantu baik dari segi permodalan, pemasaran, dan pengembangan,” kata Suryo usai acara di Royal Oleh-oleh dan Resto 360, Jalan Ir. Soekarno, Nomor 129, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya dengan mengetahui potensi yang ada maka Kadin bisa membantu memfasilitasi untuk pengembangannya. Termasuk juga menciptakan pelaku usaha baru yang belum ada namun berpotensi besar di wilayah tersebut. Kadin Kota Batu tentu menargetkan ekonomi Kota Batu bisa segera bangkit dan terus tumbuh sehingga dampak jangka panjangnya bisa dirasakan dan mensejahterakan masyarakat. Baik dari pertanian, peluang wisata dan lainnya.

“Karena Kadin kan sektornya di bidang ekonomi, bagaimana produk bisa diciptakan, bisa diperjual belikan menjadi nilai ekonomi baik di pasar lokal, nasional apalagi bisa menembus pasar global. Karena Kadin merupakan organisasi resmi yang ada di semua negara,” ujarnya.

Advertisement

Ia mengatakan untuk mewujudkan itu, pihaknya akan menjalin kerjasama yang solid dengan Kadin di tingkat kota dan kabupaten, bahkan luar negeri. Hal ini sangat diperlukan agar program bisa berjalan secara sinergi.

“Perlu soliditas kelembagaan yaitu kadin dari mulai Kota Batu ke atas secara nasional. Juga soliditas kelembagaan hubungan dari atas ke kabupaten kota,” tambahnya.

Ketua Kadin Kota Batu H. Endro Wahyu

Ketua Kadin Kota Batu H. Endro Wahyu.

Sementara, Ketua Kadin Kota Batu Endro Wahyu Wijoyono menguraikan untuk membantu permodalan Kadin Kota Batu bakal melaunching Koperasi Mikawa yang baru saja dibentuk. Harapannya koperasi ini bisa menjamin permodalan pelaku usaha kecil.

“Nanti koperasi ini bisa membantu pelaku usaha untuk mengembangkan usaha dan potensinya. Bukan hanya anggota saja, tapi semua masyarakat Kota Batu. Tentunya dengan bunga sangat rendah,” tutupnya. (bir/syn)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas