SEKITAR KITA

Ajang Pemilihan Kangmas Nimas Kota Batu 2020

Diterbitkan

-

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Memontum Kota Batu – Dinas Pariwisata Kota Batu, menggelar grand final ‘Kangmas Nimas’ 2020. Acara yang digelar di salah satu resort di Kota Batu itu, dibuka langsung oleh Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan ‘Kangmas Nimas’, sebagai bagian dalam upaya menggelorakan kembali tempat-tempat wisata di Kota Batu.

Sementara bagi pemenang nantinya atau ‘Kangmas nimas’ yang terpilih, akan diberi kesempatan melaju ke ajang yang lebih tinggi dan melakukan perannya sebagai duta wisata Kota Batu.

“Pemenang nantinya akan dikader sebagai duta pariwisata. Tujuannya, untuk membantu mempromosikan seluruh potensi wisata Kota Batu,” kata Arief.

Advertisement

Di masa pandemi ini, tambahnya, ‘Kangmas nimas’ terpilih juga dituntut untuk bisa membuat terobosan di sektor wisata. Yakni, dengan menyelaraskan antara perekonomian sektor pariwisata dan aspek kesehatan yang menonjolkan protokol kesehatan ketika melayani wisatawan.

“Dengan komunikasi yang baik, harapannya untuk ‘Kangmas nimas’ Kota Batu, nantinya mampu menyelenggarakan pariwisata yang sehat, aman dan ramah lingkungan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ada. Sehingga, beransur-ansur sektor wisata di Kota Batu, bisa kembali pulih,” imbuh Arief.

Masih menurut Arief, selama masa pandemi terjadi, perlu suatu kepastian dan jaminan bagi wisatawan agar tidak cemas ketika melakukan aktivitas wisata di Kota Batu.
Sehingga, upaya promosi dan langkah-langkah preventif yang selama ini sudah dilakukan, perlu disampaikan kepada wisatawan. Sehingga, selama berkunjung tetap merasa nyaman di Kota Batu selama masa pandemi.

“Untuk itu, peran ‘Kangmas nimas’ yang nantinya melakukan kampanye pariwisata yang sehat, nyaman, tertib dan ramah lingkungan,” pungkas Arif.

Advertisement

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, dalam kesempatan itu menekankan, agar ‘Kangmas Nimas’ memiliki tanggungjawab besar di sektor wisata. Artinya, bukan hanya sekedar mempromosikan wisata. Namun, juga berperan sebagai corong menyiarkan program Pemkot Batu, terutama pelaksanaan protokol kesehatan.

“Disamping promosi pariwisata, juga menyiarkan protokol-protokol kesehatan untuk wisatawan,” kata Dewanti.

Agar bisa melakukan tugasnya dengan baik, imbuhnya, pemenang nantinya juga harus mendekatkan diri pada masyarakat. Untuk itu, kepada Dinas Pariwisata agar mengikut sertakan ‘Kangmas Nimas’ di setiap program kegiatan Pemkot Batu. Dengan begitu, akan membuat mereka lebih detail mengenal karakteristik masyarakat hingga ke sudut-sudut Kota Batu.

“Mereka bisa ikut saat acara kepala daerah berkunjung ke desa-desa. Dengan hadir dan ikut blusukan ke tengah-tengah masyarakat, diharapkan akan kian memahami dan paham apa yang menjadi tanggung-jawab dan perannya,” ujar Dewanti, yang juga ditunjuk sebagai Juri Kehormatan pada acara Grand Final Kangmas Nimas 2020 Kota Batu. (bir/sit)

Advertisement

 

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas