SEKITAR KITA

Disabilitas Batu Diberi Insentif dan Disiapkan Guiding Block

Diterbitkan

-

Jalur pedestrian bagi penyandang disabilitas. (dok.rf)

Memontum Kota Batu – Penyandang disabilitas di Kota Batu, sedikit bisa bernafas lega. Masalahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, melalui beberapa dinas terkait, memberikan perhatian lebih.

Seperti di tahun 2020, tidak kurang sekitar Rp 1,050 miliar, alokasi dana yang diperuntukkan untuk penyandang disabilitas dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu.

“Sepanjang tahun 2020, ada sekitar 175 penyandang disabilitas, yang diberikan bantuan insentif. Ada pun besarnya, setiap bulan diberikan sekitar 500 ribu,” kata Kadinsos Kota Batu, Ririck Mashuri, Senin (7/12) tadi.

Disinggung perencanaan di tahun 2021, dirinya mengatakan, ada rencana pengajuan jumlah penerima. Untuk angkanya, dikisaran sekitar 200 penyandangan disabilitas.

Advertisement

Terkait dengan program pemberian insentif, dijelaskan, sudah berlangsung mulai tahun 2014. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan pembekalan pelatihan membatik. Hanya saja, untuk tahun ini gagal karena adanya covid-19.

“Alokasi dana tahun ini, sebenarnya juga untuk pelatihan membatik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Bina Marga (DPUPR BM) Kota Batu, Alfi Nur Hidayat, mengatakan untuk tahun 2021, akan disiapkan program ramah disabilitas.

Program hasil koordinasi Kadis DPUPR BM dengan Dinas Sosial Kota Batu itu, berupa pedestrian Kota Batu, dengan membuat guilding block.

Advertisement

“Anggaran totalnya sekitar Rp 6 miliar. Rp 4 miliar, rencananya digunakan untuk pembangunan guiding block baru,” kata Kadis DPUPR.

Dengan adanya pembangunan guiding block, diharapkan akan memudahkan penyandang disabilitas, menjadi tidak ragu lagi untuk berjalan-jalan di jalur pedestrian.

“Pembangunan guiding block ini masih sekitar 30 persen. Ada di Jalan Gajamada, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Bromo,” ujarnya. (cw2/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas