Kota Batu

DPKPP Anggarkan Rp 1,22 Milliar Untuk Program Plat Nomor Rumah

Diterbitkan

-

Plakat plat nomor rumah berbentuk buah apel, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Memontum Kota Batu – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (DPKPP) Kota Batu, menganggarkan alokasi dana sekitar Rp 1,22 miliar, untuk kembali meneruskan program plat nomor rumah. Dari total anggaran itu, rencananya untuk pengadaan 13.721 keping plat.

Program Plat nomor rumah sendiri, sebenarnya sempat digulirkan pada 2014 dan ditargetkan rampung pada 2016 lalu. Namun, hingga kini program ini masih belum rampung. Sehingga, DPKPP melanjutkan program ini di tahun 2021. Terhitung saat ini, ada 61.884 unit rumah yang mendapat program penomoran sejak digulirkan 2014 lalu.

Sekretaris DPKPP Kota Batu, Bangun Yulianto, mengatakan tidak tahu persis alasan molornya program ini. Karena dari data yang ada, sekitar empat desa belum tersentuh program ini. Seperti Desa Pesanggrahan, Desa Beji dan Desa Sidomulyo.

“Saya tidak tahu, kenapa tidak dilanjutkan. Saat itu, saya belum menangani di bidang itu (perumahan). Dan anggarannya, seingat saya masih itu. Silahkan dicek,” kata Bangun, Rabu (20/01) tadi.

Advertisement

Saat ini, ujar Bangun, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak desa atau kelurahan untuk pendataan. Karena, sebelumnya ada ketidaksinkronan nomor rumah.

“Itu karena ada kekeliruan pendataan di tingkat desa. Makanya, kami koordinasi dahulu agar bisa selaras,” terangnya.

Terkait program ini, Bangun menjelaskan, plat nomor rumah berbentuk akrilik dengan bentuk buah seperti apel, jeruk ataupun stroberi. Program ini, hanya menggantikan plakat nomor rumah lama yang sudah usang dan tidak layak pakai. Tercatat, ada jatah 61.844 ribu plakat yang akan diberikan secara bertahap sejak 2014.

Untuk model, setiap kecamatan berbeda. Seperti Kecamatan Junrejo, berbentuk buah jeruk, Kecamatan Batu berbentuk buah apel dan Kecamatan Bumiaji berbentuk buah stroberi. (cw2/sit)

Advertisement

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas