Kota Batu

Wali Kota Batu Sambut Dewan Pengurus Apeksi dan Promosikan Potensi Wisata

Diterbitkan

-

Wali Kota Batu Sambut Dewan Pengurus Apeksi dan Promosikan Potensi Wisata

Memontum Kota Batu – Gelaran Rapat Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), yang dilaksanakan di Kota Batu, menjadi momentum penting untuk mempromosikan potensi wisata kepada para Wali Kota se-Indonesia. Acara tersebut, digelar selama dua hari, sejak tanggal 26 hingga 27 Januari dan diikuti 18 wali kota di Indonesia.

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, dalam pelaksanaan itu menyambut para delegasi di lobby Balai Kota Among Tani, Rabu (26/01/2022) malam. Selanjutnya, para peserta disambut dengan tarian selamat datang, yang dipersembahkan Dinas Pariwisata Kota Batu. Selanjutnya, rombongan pun diajak menuju ruang kerja wali kota untuk ramah tamah dan menggelar rapat Dewan Pengurus Apeksi.

Di hari ke dua pelaksanaan atau Kamis (27/01/2022), para peserta di ajak Wali Kota Batu, untuk melakukan penanaman pohon di Bukit Jengkoang, di wilayah Kecamatan Bumiaji. Kemudian, menuju wisata petik apel di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dan Taman Rekreasi Selecta.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya Sugiarto, menerangkan ada beberapa pembahasan isu strategis yang dituangkan dalam materi rapat. Seperti implementasi sistem informasi pembangunan daerah (SIPD), sistem online single submission (OSS), task force dan gugus tugas.

Advertisement

Baca juga

Bahasan lainnya, tentang kalender kegiatan Apeksi tahun 2022, seperti HUT Apeksi dan Apeksi Outlook serta Rakernas XV Apeksi. Rakernas XV Apeksi sendiri, rencananya akan diselenggarakan di Padang pada tanggal 7 hingga 10 Agustus 2022, bertepatan dengan Hari Jadi Ke-353 Kota Padang. Tema Besar yang diusulkan dalam Rakernas XV Padang adalah ‘Sinergi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi’.

“Terobosan baru dalam acara Apeksi adalah Festival Komunitas Kreatif Kota untuk mengumpulkan ide muda-mudi kreatif di tiap kota. Yakni, untuk berkolaborasi dengan pemerintah kota terkait pembangunan kota,” ujar Bima dalam arahannya.

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, berpendapat ditempatkannya rapat dewan pengurus Apeksi di Kota Batu, membawa keuntungan terhadap perkembangan pariwisata. Untuk itu, para peserta diajak menikmati keindahan panorama alam di Kota Batu.

“Ini kesempatan memperkenalkan lebih luas pariwisata di Kota Batu. Serta, menunjukkan jika pariwisata di sini aman dikunjungi di masa pandemi,” ujarnya.

Advertisement

Selain itu, beberapa potensi penunjang pariwisata diantaranya, seperti UMKM serta produk khas Kota Batu, juga diperkenalkan. Tidak terkecuali, Bunga Anggrek dan hasil pertanian. (bir/adv/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas