Kota Batu

Pra Pemilih Pemula di SMPN 3 Kota Batu Disasar Sosialisasi Tentang Pemilu

Diterbitkan

-

Pra Pemilih Pemula di SMPN 3 Kota Batu Disasar Sosialisasi Tentang Pemilu

Memontum Kota Batu – KPU Kota Batu melaksanakan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) kepada sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sosialisasi ini dilakukan, dalam rangka mengangkat tema ‘Suara Demokrasi penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak’ oleh SMP Negeri 3 Batu, Selasa (08/11/2022) tadi.

Kegiatan yang dikonsentrasikan di musala sekolah ini, terbagi dalam dua sesi. Ada pun sebagai nara sumber, diantaranya Marlina dan Heru Joko Purwanto, yang merupakan Komisionir KPU Kota Batu. Sesi pertama dipandu oleh Divisi Program dan Data, Heru Joko Purwanto dan sesi kedua dipandu oleh Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, Marlina.

Pada sesi pertama, Heru menyampaikan dan mengingatkan kepada pelajar bahwa politik adalah suatu hal yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, pelajar harus bisa mengaktualisasikan diri dalam berbagai hal sebagai sendi kehidupan.

“Pelajar Kelas VII saat ini adalah calon pemimpin masa depan. Jadi, harus peka terhadap semua hal yang terjadi di sekitar. Termasuk, pada proses demokrasi yang tengah berjalan saat ini,” jelas Heru.

Advertisement

Baca juga:

Pada sesi kedua, peserta sosialisasi melibatkan peserta pelajar Kelas VIII. Dalam kesempatan ini, giliran Marlina yang berbagi berkesempatan untuk menularkan atau membagikan ilmu dan pengalamannya kepada para pelajar Estiba (SMPN 3 Batu).

Dikonfirmasi di sela kegiatan, Marlina menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP N 3. Karena menurutnya, KPU Kota Batu juga berkewajiban untuk mensosialisasikan Pemilu dan Pilkada kepada seluruh segmen pemilih, termasuk pra pemilih pemula yang nanti pada 2024, juga akan menjadi pemilih untuk pertama kalinya.

Alumni Magister Institute Pertanian Bogor (IPB) ini mengatakan komitmen instansinya untuk turut serta mendukung program Kemendikbud, yaitu kurikulum merdeka untuk kegiatan pembelajaran berbasis proyek atau project based learning terutama pada tema Suara Demokrasi. Dalam penyampaikan materinya, Marlina juga mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam mewarnai proses demokrasi.

“Generasi Z harus melek demokrasi dan harus menjadi bagian dalam proses Pemilu. Pelajar pancasila harus memahami konsep kedaulatan di tangan rakyat dalam memilih pemimpin bangsa yang memiliki legitimasi yang kuat,” papar Marlina.

Advertisement

Setelah nara sumber memaparkan informasi seputar Pemilu dan Pilkada serentak 2024, serta sejarah demokrasi di Indonesia, para peserta didik diberikan ruang untuk bertanya. Kegiatan, pun diakhiri dengan quiz dari nara sumber untuk siswa. Jawaban yang benar, diberi hadiah sebagai kenang-kenangan dari KPU Kota Batu karena telah berpartisipasi dengan aktif. (bir/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas