Kota Batu

Wow..Kepala Dinas di Kota Batu Banyak Gunakan Mobil Dinas Tahun Lawas

Diterbitkan

-

Wow..Kepala Dinas di Kota Batu Banyak Gunakan Mobil Dinas Tahun Lawas

Memontum Kota Batu – Miris. Begitulah pemandangan sejumlah kendaraan operasional kepala dinas atau OPD, yang terparkir di Halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Rabu (01/02/2023) tadi. Dari banyaknya kendaraan operasional yang terparkir, siapa sangka banyak yang menggunakan mobil keluaran lawas atau produksi tahun 2012.

Seperti kendaraan yang digunakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu, Muji Dwi Leksono, diketahui menggunakan Toyota Rush keluaran tahun 2021. Meski terbilang cukup lama dan perlu upgrate, dirinya mengaku cukup enjoy meski sedikit was-was kalau tiba-tiba mogok.

“Saya cukup menerima saja mobil ini. Yang penting, perawatan. Sehingga, tidak sampai mogok dan khawatir saja jika sampai seperti itu,” kata Muji, saat turun dari mobil, Rabu (01/02/2023) pagi.

Ditambahkannya, bahwa kendaraan itu sudah menemaninya sekitar 2 tahun lebih empat bulan. Sehingga, memang cukup lumayan untuk oemakaiannua. “Kendaraan itu saya gunakan sudah lebih 2 tahun,” ujarnya.

Advertisement

Di tempat sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3PD) Kota Batu, MD Furqon, pun mengungkapkan bahwa mobil dinas yang digunakan selama ini juga sudah berusia 11 tahun. Meskipun untuk jenisnya, memang berbeda yakni Honda CR-V.

“Mobil saya itu jenis Honda CR-V buatan tahun 2012. Mobil itu saya gunakan sejak saya menjabat di Bappeda Kota Batu. Jadi, kalau dihitung usia kendaraannya sudah 11 tahun,” ujarnya.

Keberadaan mobil Honda CR-V itu, tambahnya, saat pertama menjabat di Bappeda, tidak ada mobil dinas untuk operasional. Setelah dicek di halaman belakang kantor, atau tepatnya di bawah Pohon Pete, ada mobil itu. Karenanya, kemudian dimintanya untuk operasional dinas.

Baca juga:

Advertisement

“Sejak di Bappeda, saat itu tidak ada kendaraan. Kebetulan, kendaraan itu awalnya di bawah Pohon Pete belakang. Kemudian, saya minta (sebagai operasional, red) kepada Pak Sekda, ternyata boleh dipakai. Karenanya, kemudian saya rawat dan oakai,” terangnya.

Disinggung soal pengajuan mobil baru, ditegaskannya, sebenarnya sudah beberapa kali sudah mengajukan. Namun, belum terealisasi meskipun ada beberapa dinas yang sudah ganti keluaran baru.

“Untuk perawatannya ya harus ekstra. Apalagi, memang sering rewel. Bahkan, kemarin sempat knalpotnya rusak dan ada kerusakan yang lain. Jadi, seperti itu kondisi awalnya. Dari mangkrak di bawah pohon kemudian saya gunakan,” paparnya.

Karenanya, jika memang anggaran ada dan ingin menunjang operasional kepala OPD, kiranya mobil dinas bisa menjadi perhatian. “Harapan saya, semoga Pak Pj Wali Kota Batu segera menata lebih baik lagi. Saya yakin, Pak Pj ini akan bijak membaca situasi dan kondisi yang saat ini sedang berkembang,” paparnya.

Sekedar diketahui, dari pantauan di lokasi parkir, ternyata tidak hanya dua jenis kendaraan itu yang masih dimanfaatkan kepala dinas atau OPD. Namun, ada juga kendaraan Kijang Inova, yang masa pemakaiannya juga perlu di upgrade. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas