Kota Batu

Sempat Tersendat Akibat Longsoran, Sore Ini Aliran Air Minum di Wilayah Sisir dan Ngaglik Dipastikan Normal

Diterbitkan

-

Sempat Tersendat Akibat Longsoran, Sore Ini Aliran Air Minum di Wilayah Sisir dan Ngaglik Dipastikan Normal

Memontum Kota Batu – Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi, menyampaikan bahwa sore ini, aliran air bersih di wilayah Kota Batu, yang sebelumnya terdampak dari longsornya Jembatan Sukorame, Desa Gunungsari, Kecamatan/Kota Batu, diantaranya Kelurahan Ngaglik dan Kelurahan Sisir, akan kembali normal. Hal itu disampaikan, seiring telah rampungnya proses pembenahan yang dilakukan.

“Siang ini sedang dilakukan uji coba dari pemasangan pipa sementara yang ditanam di luar Jembatan Sukorame. Dan, itu sudah terkoneksi. Sehingga, paling lambat sore nanti aliran air di Kelurahan Ngaglik dan Sisir, akan normal kembali,” terang Edi, Kamis (09/02/2023) tadi.

Mengenai jumlah pelanggan, diuraikannya, ada sebanyak 5 ribu pelanggan yang memanfaatkan air bersih di Kelurahan Ngaglik dan Kelurahan Sisir. “Uji coba ini kita buka pelan-pelan sampai pada tekanan 7 bar. Ketika hari ini normal semua, jadi kita tarik 26 tandon dengan kapasitas 5.000 liter yang kita pasang di titik terdampak,” tegasnya.

Baca juga:

Advertisement

Sedangkan, tambahnya, pemasangan pipa sebesar 10 inci, ada sebanyak 11 lonjor dengan panjang 72 meter tersebut bersifat sementara sambil menunggu perbaikan jembatan. “Karena ini tidak bisa berdiri sendiri, maka saya harus kerja sama dengan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM), untuk bagaimana ini bisa ditangani dengan benar. Karena, apapun pondasi tiang penyangga kita ini, kan kena tanah kontur bergerak. Ini harus kita perdalam,” papar Edi.

Diketahui, Jembatan Sukorame yang berada di Desa Gunungsari, Kecamatan/Kota Batu, mengalami longsor, Selasa (07/02/2023) malam. Sehingga, dari gerusan tanah yang diakibatkan derasnya aliran air, membuat anjloknya beton penyangga pipa milik Perumdam Among Tirto dan akhirnya sudah dua hari ini aliran air di wilayah Kelurahan Ngaglik dan Sisir tidak normal. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas