Kota Batu

Raih Penghargaan Adipura, Pemkot Batu Kemas Apel Jumat dengan Syukuran

Diterbitkan

-

Raih Penghargaan Adipura, Pemkot Batu Kemas Apel Jumat dengan Syukuran

Memontum Kota Batu – Pemandangan beda terlihat dalam pelaksanaan apel ASN Pemkot Batu, Jumat (03/03/2023) pagi. Itu karena, selain ada trophy Adipura 2022, juga terdapat nasi tumpeng untuk syukuran di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Bahkan yang tidak kalah menarik, juga turut mengundang mantan Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota, Punjul Santoso. Itulah nuansa yang dikemas Pemkot Batu, sebagai wujud syukur atas penghargaan Adipura.

Bahkan, dalam apel itu juga dilaksanakan penyerahan trophy kepada Ketua DPRD Kota Batu, sebagai wakil rakyat. Dan, untuk pertama kalinya memperoleh penghargaan tersebut, merupakan langkah agar Pemkot Batu, untuk lebih baik meningkatkan manajemen dalam pengelolaan sampah.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, mengatakan bahwa penghargaan trophy Adipura 2022, ini merupakan pertama kalinya diterima oleh Kota Batu. Maka, hal itu merupakan sejarah baru yang dialami oleh Kota Batu.

Advertisement

“Penghargaan ini pertama kali diterima oleh Kota Batu. Tentunya, penghargaan inilah yang diidamkan oleh kita semua,” terang Asmadi, seusai apel Jumat pagi di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Jumat (03/03/2023) pagi.

Baca juga :

Dengan diterimanya Adipura, tambahnya, maka Pemkot Batu harus mampu meningkatkan manajemen sampah, agar mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dan membangun kesadaran bersama. “Yang jelas, penghargaan Adipura yang diterima oleh Kota Batu, ini bisa menjadi momentum untuk menjadikan Kota Batu, lebih baik lagi. Dan, Pemkot Batu harus mampu meningkatkan manajemen sampah yang mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat. Dengan tujuan, untuk membangun kesadaran bersama,” jelas Asmadi.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan bahwa penghargaan yang diraih tersebut merupakan hasil dari kerja sama semua pihak. Dimulai dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu masa bakti 2017-2022, seluruh instansi yang terkait serta aktivis lingkungan dan yang terpenting adalah petugas kebersihan serta penyapu jalan.

“Prestasi ini menjadi wujud kebersamaan kita dengan masyarakat Kota Batu. Piala Adipura ini merupakan keinginan bersama untuk menjaga Kota Batu tetap bersih,” terangnya.

Advertisement

Ditambahkannya, menjaga dan mempertahankan akan lebih sulit dibandingkan mendapatkan (trophy). Untuk itu, dirinya berharap, dukungan semua pihak untuk menjadi lebih baik khususnya dalam pengelolahan sampah perkotaan.

“Kami mohon dukungan, agar Adipura bisa kita raih di tahun depan. Semoga tidak hanya Adipura, tapi bisa meraih Adipura Kencana,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Selasa (28/02/2023) sore, Kota Batu berhasil meraih penghargaan di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan, yaitu trophy Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Sedang. Sesuai catatan Dinas Lingkungan Hidup, Piala Adipura kategori Kota Kecil, pernah diterima Kota Batu pada tahun 1996, namun saat itu Kota Batu masih berstatus Kota Administratif. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas