Kota Batu

Maksimalkan Pembuatan Jalur Keselamatan Rem Blong Klemuk, Dishub Kota Batu Siap Kucurkan Anggaran

Diterbitkan

-

Maksimalkan Pembuatan Jalur Keselamatan Rem Blong Klemuk, Dishub Kota Batu Siap Kucurkan Anggaran

Memontum Kota Batu – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu siap membantu penganggaran untuk memaksimalkan pembuatan jalur keselamatan kendaraan yang mengalami rem blong di kawasan Jalan Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, jalur itu dibuat warga secara swadaya, sebagai bentuk menjaga keselamatan pengguna jalan.

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono, mengatakan bahwa dalam pembangunan awal jalur keselamatan di Klemuk, Dishub selama ini tidak dilibatkan. Meskipun, pembangunan yang dilakukan memiliki sisi positif.

“Pembangunan jalur keselamatan Klemuk itu, kurang koordinasi dengan Dishub. Sebaliknya, kala itu Dishub hanya dimintai persetujuan penutupan jalan, selama proses pembangunan berlangsung,” kata Imam, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Minggu (19/03/2023) tadi.

Hasil pembuatan jalur keselamatan oleh masyarakat, tambahnya, pasti akan ditinjau ulang. Baik itu secara teknis, mulai detail ukuran lebarnya hingga gundukan tanah sebagai jalurnya. Dalam pengertian, kekurangan apa saja di lapangan, itu akan dilengkapi. Sehingga, tujuan pembuatan bisa benar-benar sesuai fungsi dan maksimal.

Advertisement

Baca juga:

“Artinya, pembangunan jalur keselamatan tidak boleh hanya asal membuat. Akan tetapi, harus melihat titik mana yang paling bagus di wilayah tersebut untuk dijadikan jalur darurat,” ujarnya

Oleh sebab itu, Imam menegaskan, kalau pengukurannya sudah lengkap maka untuk penganggaran akan dibahas. Tentunya, masalah nominal juga akan dihitung.

“Kami sadar, bahwa pembuatan jalur keselamatan di Klemuk, itu adalah swadaya masyarakat. Dan, kami akan segera membahas masalah pengukurannya terlebih dahulu. Baru, setelah itu perkiraan nominalnya,” tuturnya.

Seperti diketahui, Jalur Klemuk terkenal terjal. Bahkan, kondisinya menurun curam jika ditempuh dari arah wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang menuju ke arah Kota Batu. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas