Kota Batu

Cegah Korupsi, Pemkot Batu Perkuat Pengawasan Internal melalui APIP

Diterbitkan

-

Cegah Korupsi, Pemkot Batu Perkuat Pengawasan Internal melalui APIP

Memontum Kota Batu – Pemkot Batu memperkuat pengawasan internal lewat evaluasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam upaya pencegahan korupsi. Untuk itu, aplikasi Monitoring Center for Prevention (MCP) yang dikembangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harus diperhatikan.

Dijelaskan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, bahwa untuk pencegahan korupsi di lingkungan pemerintah daerah harus memperkuat pengawasan internal. “Untuk pencegahan korupsi. Pertama, kita harus perkuat APIP dengan memperkuat pengawasan internal. Terus, melakukan evaluasi di setiap jangka waktu yang ditentukan. Karena, itu tadi merupakan catatan dari Mendagri, Ketua KPK dan BPKP,” terang Aries, seusai Rakor Kementerian dan Lembaga Program Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Dan Peluncuran Indikator MCP Tahun 2023 di Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (21/03/2023) tadi.

Baca juga:

Kemudian, tambahnya, aplikasi MCP di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus diperhatikan. Agar, sesuai dengan capaian MCP yaitu 87 persen. “Jadi, tahun 2023 ini diharapkan MCP semua daerah sesuai dengan yang diinginkan KPK,” tuturnya.

Ditambahkannya, evaluasi yang dilakukan APIP harus sinergi dengan OPD terkait. Untuk itu, semua OPD harus ikut di aplikasi MCP, agar terlihat bobot yang dicapainya.

Advertisement

“Di Pemkot Batu, sudah otomatis ada aplikasi MCP yang sudah disiapkan. Ada sistem yang disiapkan tinggal bagaimana memasukkan data-data. OPD semua harus ikut didalamnya. Kalau tidak ikut, pasti akan kelihatan. Berapa sih, bobot yang harus dicapai. Capaiannya berapa dan hasilnya berapa, akan kelihatan,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas