Kota Batu

Masjid An Nuur Kota Batu Sediakan 500 Porsi Menu Daging Sapi Gratis untuk Berbuka Masyarakat dan Wisatawan

Diterbitkan

-

Masjid An Nuur Kota Batu Sediakan 500 Porsi Menu Daging Sapi Gratis untuk Berbuka Masyarakat dan Wisatawan

Memontum Kota Batu – Selama Bulan Ramadan, terlihat ratusan masyarakat umum dan wisatawan antre di Masjid An Nuur, yang berada di kawasan Alun-alun Kota Batu, saat menjelang berbuka puasa. Itu karena, masjid tersebut menyediakan menu daging sapi gratis untuk berbuka puasa, yang rata-rata menyediakan 500 porsi perhari selama Ramadan.

Salah satu warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, yang menjadi anggota Takmir Masjid An Nuur Kota Batu Mashuri, mengatakan bahwa kegiatan sedekah berbuka puasa yang dilaksanakan di Masjid An Nuur, ini sudah berlangsung sejak 10 tahun lalu. “Ramadan kali ini, Masjid An Nuur menyediakan 500 porsi makan untuk berbuka puasa. Biasanya, kalau tanggal merah atau hari libur, bisa mencapai 900 porsi makanan. Dan, ini sudah berlangsung 10 tahunan di Masjid An Nuur,” terangnya, saat ditemui di Masjid An Nuur Kota Batu, Minggu (09/04/2023) sore.

Mengenai kebutuhan berbuka puasa, diuraikannya, bahwa dari menu takjil dan makanan berat yang diberikan, tidak menggunakan dana kas masjid. Namun, berasal dari sejumlah donatur. Sedangkan dalam menyediakan daging sejak awal Ramadan, itu ada satu ekor sapi yang sudah dibeli untuk disembelih dan kemudian digunakan untuk menu selama 14 hari. Untuk hari berikutnya, pun sama.

“Sapi yang dibeli itu total ada dua ekor. Satu ekor untuk 14 hari pertama. Lalu, 15 hari berikutnya juga satu ekor. Sementara untuk beras, kita siapkan 1 ton untuk sebulan,” jelasnya.

Advertisement

Dari keseluruhan yang berbuka puasa, paparnya, kebanyakan adalah wisatawan. Bahkan, beberapa diantaranya juga ikut partisipasi dengan ikut menyumbang sebagai donatur.

“Untuk menu, takmir menyediakan sekitar tujuh macam setiap hari. Selama itu pula, juga ganti-ganti. Sehingga, tidak membuat bosan mereka yang ingin berbuka bersama di masjid,” urainya.

Pemandangan atau hal menarik ini, pun mendapat respon positif wisatawan. Seperti seorang warga Sidoarjo yang tengah berkunjung ke Alun-alun Kota Batu, Rahmat. Menurutnya, sangat senang berkunjung di Alun-alun Kota Batu, karena di Masjid An Nuur, juga memberikan atau menyediakan menu berbuka gratis.

“Saya senang berada di sini. Selain bisa wisata, juga ada takjil makanan ringan dan berat. Semua alhamdulilah diberikan gratis untuk berbuka puasa. Dan, saya lihat ada makan beratnya, seperti rawon,” ungkapnya. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas