Kabar Desa

Jelang Perayaan Hari Raya Waisak, Vihara Dhammadipa Arama Mulai Lakukan Pembersihan

Diterbitkan

-

Jelang Perayaan Hari Raya Waisak, Vihara Dhammadipa Arama Mulai Lakukan Pembersihan

Memontum Kota Batu – Beberapa Samanera atau calon Bikhu mulai melakukan bersih-bersih Vihara Dhammadipa Arama yang berada di Jalan Ir Soekarno, Kota Batu. Ini dilakukan, karena diperkirakan 100 umat Buddha bakal beribadah untuk menyambut perayaan Hari Raya Waisak 2557 BE.

Disampaikan Kepala Vihara, Bhikkhu Khantidharo Mahathera, bahwa ritual bersih-bersih Vihara Dhammadipa Arama yang dilakukan oleh Samanera tersebut menjelang hari Raya Waisak. Setidaknya, sebanyak 30 sampai 50 patung yang dibersihkan.

“Hari ini, Samanera sedang melakukan bersih-bersih Vihara. Ritual ini dilaksanakan menjelang Hari Raya Waisak 2567 BE yang akan datang dan sekitar 30-50 patung yang dibersihkan,” terangnya, saat berada di Vihara Dhammadipa Arama, Kota Batu, Rabu (31/05/2023) tadi.

Vihara Dhammadipa Arama, tambahnya, merupakan salah satu tempat peribadatan bagi umat Buddha yang terbesar di Jawa Timur. Diperkirakan, sekitar 100 orang umat Buddha dari berbagai daerah yang memenuhi Vihara tersebut saat perayaan hari raya Waisak 2023 ini.

Advertisement

Baca juga:

“Mulai dari tempat ibadah atau disebut Dhammasala, kemudian terdapat museum, Pagoda dan patung Buddha tidur yang hari ini mulai dibersihkan Samanera,” tuturnya.

Dalam Vihara Dhammadipa Arama, imbuhnya, terdapat 5 Bhikhu, 44 Samanera dan 41 Atthasilan atau 8 latihan moral, yang dikembangkan dari pancasila atau lima latihan moral untuk umat awam. “Perayaan hari raya besar Waisak nanti bertemakan ‘Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa’. Ada beberapa kegiatan yang nantinya dilakukan antara lain tabur bunga ke TMP dan kegiatan agama Kota Batu,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas