Kabar Desa

Empat Titik Parkir di Lahan Relokasi Pedagang Susut Akibat Terdampak Kembali ke Pasar Induk

Diterbitkan

-

Empat Titik Parkir di Lahan Relokasi Pedagang Susut Akibat Terdampak Kembali ke Pasar Induk

Memontum Kota Batu – Rencana pemindahan pedagang pasar dari lahan relokasi ke Pasar Induk Among Tani Kota Batu, bakal mengakibatkan menyusutnya titik kantong parkir yang selama ini memanfaatkan kawasan luar Stadion Brantas. Sebagaimana diketahui, selama revitalisasi Pasar Induk, pedagang memanfaatkan kawasan stadion. Sementara seiring rencana pemindahan pedagang ke pasar permanen secara bergelombang, akan menyusutkan setidaknya empat titik kantong parkir.

Bahkan, menyusutnya titik kantong parkir, pun mengakibatkan menurunnya pendapatan. Karena, sejak tahun 2022 hingga rencana pemindahan, empat titik itu mampu menghasilkan Rp 34 juta.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Hari Juni Susanto, menjelaskan bahwa empat titik parkir di luar Stadion Brantas yang bakal hilang itu, diantaranya seperti sisi Timur stadion, sebelah Utara SMAN 1 Batu, di seputar Kantor UPT Pasar dan sisi Barat di dekat Sekretariat KONI. “Setelah semua pedagang nanti ke Pasar Induk Among Tani, maka empat titik area parkir itupun bakal hilang. Karena, awalnya semua area titik parkir itu sifatnya insidentil dan beberapa dikelola RW,” terangnya, saat dihubungi lewat ponselnya, Jumat (02/06/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Kendati demikian, ujarnya, pihak pengelola sebenarnya bisa mengajukan lagi untuk mengelola lagi lahan parkir. Namun, dengan syarat ada titik yang masih tersedia.

“Ketika nanti semua pedagang sudah pindah dari lahan relokasi, maka untuk urusan parkir sudah bukan Dishub. Tetapi, tetapi dinas lain yang diberi tugas untuk mengelola. Di sini, apabila pihak pengelola parkir yang saat ini berada di lahan relokasi mengajukan lagi, maka bisa dilakukan asalkan titik parkir masih ad,” tambahnya.

Sebenarnya, jelas Hari, kalau dihitung potensi pendapatan parkir dari empat titik luar di Stadion Brantas, sangat lumayan. Karena, jika selama sekitar setahun atau tahun 2022 mampu memperoleh sekitar Rp 34 juta, maka untuk pendapatan perbulan berkisar Rp Rp 2,8 juta. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas