Kabar Desa

50 Pecanting Batik Kota Batu Gagas Motif Candi Songgoriti sebagai Motif Khas Kota Batu

Diterbitkan

-

50 Pecanting Batik Kota Batu Gagas Motif Candi Songgoriti sebagai Motif Khas Kota Batu

Memontum Kota Batu – Sebanyak sekitar 50 pecanting batik yang ada di wilayah Kota Batu, membuat terobosan baru dengan mengangkat Candi Songgoriti, yang terletak di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu, sebagai corak motif batik khas Kota Batu. Ini dilakukan, karena keberadaan Candi Songgoriti, memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sehingga, dengan adanya motif batik tersebut, maka akan semakin banyak dikenal dan menambah kasana corak motif Kota Batu.

Penggagas Batik Shiny Kupu Sutra Kelurahan Songgokerto, Paulus Andik Dwi Cahyono, mengatakan bahwa sebenarnya pembatik di Kota Batu ini banyak. Hanya saja, selama ini cenderung berjalan sendiri-sendiri. Sehingga, untuk menyatukan visi misi para pembatik, sebanyak 50 orang yang tergabung dalam Pecanting mBatu membuat kesepakatan dengan menciptakan terobosan baru mengangkat Candi Songgoriti sebagai motif khas dari Kota Batu.

“Jadi, 50 orang pecanting batik yang tergabung dalam Pecanting mBatu membuat terobosan baru yang mengangkat Candi Songgoriti menjadi motif di batik khas Kota Batu,” terangnya, saat berada di kawasan Candi Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu, Minggu (11/06/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Keberanian dari Pecanting mBatu untuk mengangkat Candi Songgoriti sebagai motif batik, paparnya, itu karena didasarkan akibat tidak semua orang mengetahui sejarah keberadaan dari Candi Songgoriti. Karenanya, motif batik candi sangat menarik untuk di angkat dan disebar luas. Sehingga, akan banyak orang yang lebih mengenali Candi Songgoriti.

“Yang jelas, ini akan menjadi edukasi baru bagi masyarakat luas tentang sejarah Candi Songgoriti, lewat motif batik. Dan, hal yang penting diketahui dalam produksi motif batik, ini bahan air belerang diambil langsung dari mata air belerang atau air panas di kawasan sekitar Candi Songgoriti,” tuturnya.

Untuk itu, tegas Paulus, diprediksikan atas keberadaan batik khas Kota Batu dengan motif Candi Songgoriti, ini bisa mendongkrak kunjungan wisata. Dengan alasan, dari motif Candi Songgoriti yang diproduksi, maka akan semakin mengenalkan keberadaan Candi Songgoriti di Kota Batu.

“Gagasan mengangkat Candi Songgoriti yang dijadikan motif batik khas Kota Batu, ini akan kami patenkan. Yang jelas, proses ini sangat membutuhkan dukungan dari Pemkot Batu,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas