Kota Batu

96 UMKM Ekonomi Kreatif Binaan Pemda dan BUMN Ikuti Batu Bisnis Festival 2023

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu mengelar Batu Bisnis Festival 2023 di Halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (22/06/2023) siang. Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini , diikuti sebanyak 96 peserta.

Sejumlah peserta pameran sendiri, yakni dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ekonomi kreatif (Ekraf) binaan pemerintah daerah (Pemda) serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari beberapa daerah di Indonesia. Bagi peserta luar Kota Batu, kesempatan event tersebut selain mempromosikan produk UMKM juga dimanfaatkan promosi potensi wisata di daerahnya.

Disampaikan Kepala Disparta Kota Batu, Arif A Sidiq, gelaran acara Batu Bisnis Festival yang digeber selama empat hari ini merupakan wujud gerakan sinergi dengan semua kalangan. Di samping mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif, juga meningkatkan kunjungan wisata.

“Jadi, perserta Batu Bisnis Festival 2023 ini sebanyak 96 UMKM ekonomi kreatif. Dari 96 peserta ini, sebanyak 18 peserta dari pemerintah daerah di Indonesia dan BUMN,” terangnya di dalam area pameran Batu Bisnis Festival 2023.

Advertisement

Baca juga :

Dijelaskannya, bahwa dari seluruh peserta yang ikut event tersebut, sebanyak 82 UMKM ekonomi kreatif berasal dari Kota Batu. “Event ini untuk pemasaran dan didukung marketplace terutama juga dari sektor pariwisata. Untuk itu, diharapkan dengan event ini ekonomi Kota Batu semakin meningkat,” ujar Arif.

Di tempat yang sama, salah satu peserta pameran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Rara, mengungkapkan dalam mengikuti event Batu Bisnis Festival 2023, membawa produk unggulan UMKM binaanya. Sebanyak tiga item antara lain batik art digital printing, batik tulis khas Semarang serta tas rajut.

Sedangkan, tujuan mengikuti event itu, imbuh Rara, yang utama ditargetkan menaikkan penjualan. Lebih dari itu, juga mempromosikan popularitas potensi pariwisata Kota Semarang khususnya yang belum pernah terjamah supaya lebih banyak dikenal kalangan masyarakat.

Advertisement

“Melihat pelaksanaan yang sudah dilakukan ini sepertinya di Kota Batu ini hangat buat menawarkan pariwisata. Karena di Semarang, wisata yang belum terjamah sudah banyak diperbaharui sehingga menjadi nyaman untuk dikunjungi. Tentunya, melalui pameran ini, kami bisa jualan cerita mengenai potensi wisata di Semarang. Harapannya supaya banyak yang berkunjung ke daerah kami,” ujarnya. (put/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas