Kota Batu

Dampak Penutupan TPA Tlekung secara Mendadak, Warga Desa Tlekung Patungan Bangun TPS3R

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Rencana penutupan TPA Tlekung di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, secara mendadak per 30 Agustus besok, memunculkan dampak. Salah satunya, seperti yang dialami warga Desa Tlekung, yaitu harus patungan untuk membangun TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse-Reduce-Recycle).

Rencananya, pembangunan TPS3R itu akan ditempatkan di Lapangan Desa setempat atau yang berdekatan dengan TPA Tlekung. Sementara untuk pengolahan sampahnya, akan dilakukan secara mandiri.

Koordinator Tim Peduli Lingkungan Desa Tlekung, Syamsul Arifin, mengatakan bahwa TPS3R yang akan dibangun warga desa tersebut berada di lahan tanah kas desa (TKD). Dimana untuk posisinya, terletak di Blok 9 dengan luas lahan sekitar 750 meter persegi.

“Jadi, warga Desa Tlekung sudah menyiapkan untuk lokasi TPS3Rnya. Ini dibangun secara gotong royong dengan biaya patungan yang sudah terkumpul sebesar Rp 15 juta,” terangnya di Kantor Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Selasa (29/08/2023) tadi.

Advertisement

Baca juga:

Dengan luas lahan yang ada, ujarnya, diperkirakan TPS3R yang sekarang telah mulai dibangun itu bisa menampung sampah warga Desa Tlekung sebesar antara dua sampai tiga ton perhari. Sementara masyarakat, pun optimis mampu melakukan pengolahan sampah.

“Intinya, pengelolaan sampah di masing-masing desa dan kelurahan perlu diseriusi serta tekad yang bulat untuk menyelesaikan masalah sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tlekung, Sumardi, membenarkan bahwa pembangunan TPS3R itu dampak dari rencana penutupan TPA Tlekung. Di sisi lain, warganya juga ingin membuktikan bahwa desa mampu mengelola sampah dengan baik.

Advertisement

“Yang jelas, dengan TPS3R ini juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana pengolahan sampah dengan benar,” jelasnya.

Mengenai anggaran, tambahnya, direncanakan nanti akan ada bantuan mesin dari Dinas Lingkungan Hidup. “Saat ini kami masih menghitung kebutuhan anggarannya. Dan, nantinya Dinas Lingkungan Hidup menjanjikan bantuan mesin pengolahan sampah. Ya, kalau bisa secepatnya bantuan ini terealisasi,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas