Kota Batu

Okupansi Homestay, Guest House dan Villa di Kota Batu Capai 90 Persen

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Menjelang malam pergantian tahun 2024, tingkat okupansi homestay, guest house dan villa sudah mencapai 90 persen. Diperkirakan, okupansi ini akan meningkat hingga 100 persen di saat last minit atau tepat malam pergantian tahun nanti.

Ketua Indonesia HomeStay Association (IHSA) Kota Batu, Katalina, mengatakan libur tahun 2023 ini cukup panjang. Sehingga, banyak tamu yang berkunjung di Kota Batu sampai pada akhirnya menikmati malam pergantian tahun dengan bermalam di kota ini.

“Siang ini, laporan dari teman-teman homestay, guest house dan villa, untuk tempat penginapan sudah pada terisi. Makanya, berdasarkan laporan saat ini tingkat okupansi sudah mencapai 90 persen,” terangnya, Minggu (31/12/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Kalau dilihat, ujarnya, hari ini justru villa menduduki posisi tingkat okupansi yang tinggi. “Market malam pergantian tahun cenderung didominasi tamu keluarga. Maka, fasilitas yang utama diminta adalah kolam renang. Disinilah, ketika tamu yang tidak mendapatkan villa, akan mengarah ke homestay dan guest house,” paparnya.

Lina menambahkan, pergerakan kenaikan okupansi biasanya saat last minit atau detik-detik mendekati malam pergantian tahun. “Ya, biasanya nanti malam habis Maghrib, tamu mulai berdatangan usai jalan-jalan atau berbelanja. Selain itu, ini juga ditunjang apakah tamu luar kota bisa masuk ke Kota Batu, nanti saat malam pergantian tahun,” tuturnya.

Lebih dari itu, Lina menyebutkan, dibanding tahun lalu tingkat okupansi homestay, guest house dan villa, mengalami peningkatan. Di mana, di tanggal yang sama tahun 2022, tingkat okupansi antara 60 sampai 70 persen. “Yang jelas, kami sangat bersyukur dengan tingginya tingkat okupansi yang dicapai ini. Tentunya, kami berharap tamu yang ada di Kota Batu bisa nyaman menyongsong malam pergantian tahun bersama keluarga,” jelasnya. (put/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas