Berita

Gagal Panen, Hantui Petani Desa Sumberbrantas

Diterbitkan

-

Gagal Panen, Hantui Petani Desa Sumberbrantas

MEMONTUM KOTA BATU – Bencana mengakibatkan hampir semua petani di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, dipastikan gagal panen. Beberapa komoditi sayuran seperti kentang, wortel, kol, dan sawi tidak bisa di panen.

Selama ini, Desa Sumber Brantas terkenal dengan pertanian sayuran karena tanahnya yang subur. Eko Nurcahyo, salah seorang petani kentang dan wortel di Desa Sumber Brantas mengatakan jika tanamannya rusak parah akibat tersapu angin.

” Kemarin baru ditanam sekarang rusak semua kena angin. Kerugian akibat gagal panen berkisar ratusan juta. Bukan hanya punya saya, hampir semua petani,” papar dia, Rabu (23/10/2019).

Tak hanya tanaman yang mengalami gagal panen, rumah mereka juga rusak lantaran angin kencang.

Advertisement

“Atap rumah terbang tersapu angin, kami dievakuasi menuju kota gitu aja, nggak bawa barang, yang penting selamat,” imbuh dia.

Untuk itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berjanji akan membantu seluruh aspek yang diperlukan warga terdampak bencana. Seperti perbaikan rumah, dan bantuan untuk menunjang pertanian mereka.

” Saya sudah perintahkan Dinas Pertanian segera bergerak cepat ke lokasi dan bisa membantu para petani. Tujuannya agar pertanian di Desa Sumber Brantas bisa segera pulih kembali,” papar Dewanti.

BACA : Kekeringan Melanda Dusun Lemah Putih, Pasca Diterjang Angin Kencang

Advertisement

Senada Kadis Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono berjanji untuk meninjau lokasi. Dari tinjauan nanti bisa disimpulkan bantuan apa saja yang cocok guna membantu para petani agar bisa melakukan aktivitas bertani mereka.

” Segera kita kroscek, nanti petugas dan tim penyuluh kami kerahkan. Apa saja yang dibutuhkan oleh petani nanti dinas akan berupaya mengakomodir. Makanya peninjaun di lokasi sangat perlu untuk memetakan keperluan mereka,” tutupnya. (bir/yan)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas