SEKITAR KITA

2021 Dinsos Batu Siapkan Anggaran Covid-19 Rp 887 Juta

Diterbitkan

-

Pensucian jenazah. (dok.cs)
Pensucian jenazah. (dok.cs)

Diperuntukkan untuk pensucian jenazah dan buffer stock

Memontum Kota Batu – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu, merencanakan kenaikan anggaran penanganan pensucian jenazah (pemulasaran) korban meninggal dunia akibat Covid-19 dan buffer stock, hingga di angka Rp 887 juta.

Pengajuan tersebut, sebagai langkah antisipasi kebutuhan pensucian jenazah, seiring zona merah pada Kota Batu.

“Jadi, kemarin (tahun 2020) kita sudah menganggarkan Rp 390 juta di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) untuk 12 titik pemulasaran. Tahun depan (2021, red), kuota pemulasaran akan bertambah menjadi 75 titik dengan anggaran total sebesar Rp 781 juta,” terang Sekretaris Dinsos Kota Batu, Sri Yunani, Senin (7/12) tadi.

Untuk penanganan pemulasaran, tambahnya, formasi petugasnya masih tetap dengan mengoptimalkan dua tim. Masing-masing timnya, terdiri dari delapan petugas pemulasaran jenazah.

Advertisement

Sementara itu untuk buffer stock, ujarnya, sebenarnya tidak hanya dikhususkan dalam penanganan Covid-19. Karena, buffer stock juga bisa digunakan oleh tim Tagana, dalam penanganan kasus kebencanaan alam dan kebencanaan sosial.

“Karena Covid-19 ini termasuk bencana sosial, maka tetap bisa digunakan. Anggarannya, sekitar Rp 106 juta untuk beras, mie instan, gula, minyak dan lainnya,” imbuhnya.

Sedangkan untuk bantuan lain, ujar Yunani, seperti BST (Bantuan Sosial Tunai) yang sebelumnya telah dilakukan pada awal pandemi Covid-19, sudah ditegaskan bahwa Dinsos tidak memberikan kuota anggaran lagi pada tahun 2021. (bir/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas