Pemerintahan

Wali Kota Batu Tak Wajibkan Wisatawan Rapid Test Antigen

Diterbitkan

-

Tekankan tempat wisata jalankan Prokes dan pembatasan pengunjung

Memontum Kota Batu – Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, memastikan tidak akan mewajibkan rapid test antigen bagi wisatawan, yang melakukan kunjungan ke Kota Batu. Keterangan itu, disampaikan orang nomor satu di pemerintah Kota Batu, Selasa (22/12) tadi.

“Bukan rapid antigen. Tidak ada kewajiban seperti itu. Namun, rapid biasa (rapid test),” ungkapnya saat di temui di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Rapid test antigen, tambahnya, memang mendapat sorotan karena harganya yang lumayan. Biaya tes tersebut, lebih mahal dari rapid antibodi.

Menurut Dewanti, wisatawan tentu lebih tahu kondisi tubuhnya. Karena, jika tidak sehat, maka wisatawan tidak akan berwisata. Dirinya juga menerangkan, bahwa tidak ada penutupan tempat wisata. Menurutnya, penutupan tempat wisata hanya akan memancing potensi kerumunan.

Advertisement

“Semakin banyak destinasi yang buka, maka wisatawan akan terpecah kerumunannya,” katanya.

Meski begitu, Dewanti tetap meminta tempat wisata menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Termasuk, melakukan pembatasan jumlah wisata, sehingga tidak memunculkan kerumunan.

“Kami juga mengizinkan hotel melakukan event skala lokal. Tapi, Tidak boleh mengundang artis luar kota,” tuturnya.

Dewanti Rumpoko juga menegaskan, SE wajib rapid segera meluncur. SE bakal bergulir mulai Selasa (22/12) sore.

Advertisement

Polres Kota Batu, sementara itu bakal menyeleksi wisatawan untuk rapid. Polres Batu akan memakai sistem skala prioritas.

“Kami lihat Nopol. Kami lihat juga jumlah wisatawan dalam kendaraan,” papar Kapolres Kota Batu, AKBP Catur C Wibowo.

Dirinya menekankan, polisi juga akan mengecek surat hasil rapid tes negatif. Petugas akan standby di gerbang menuju ke Kota Batu. Catur juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kota Batu.

“Kami akan maksimal. Semoga tidak terjadi potensi (kluster) yang tidak diinginkan,” tegasnya. (cw2/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas