Kota Batu

Anggarkan Rp 5 Miliar, Ruas Jalan Bromo-Semeru di Kota Batu Bakal Dilebarkan

Diterbitkan

-

Anggarkan Rp 5 Miliar, Ruas Jalan Bromo-Semeru di Kota Batu Bakal Dilebarkan

Memontum Kota Batu – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kota Batu mengalokasikan anggaran senilai sekitar Rp 5 miliar, untuk ruas Jalan Bromo-Semeru. Alokasi tersebut, rencana untuk melebarkan jalan yang memiliki panjang sekitar 650 meter di kawasan itu.

Kepala DPUBM Kota Batu, Alfi Nurhidayat, mengatakan bahwa jalur tengah kota yang rencana dilebarkan itu , selama ini terlalu sempit untuk dilewati kendaraan besar. “Ruas jalan yang dilebarkan tersebut, itu terlalu sempit untuk dilewati kendaraan besar yang menuju arah Alun-alun Kota Batu. Sehingga, di sini sering terjadi kemacetan. Sementara untuk rencana pelebaran jalan sendiri, akan dilaksanakan tahun ini dengan anggaran Rp 5 miliar,” terang Alfi, saat ditemui di lokasi ruas Jalan Semeru, Kota Batu, Kamis (02/02/2023) tadi.

Teknik pelebaran nantinya, lanjut Alfi, yakni akan menambah antara 3 sampai 4 meter, ruas jalan. Jadi, dari panjang jalan 650 meter yang awal lebar jalan 6 sampai 7 meter, nantinya akan diperlebar menjadi 9 sampai 10 meter. Sedangkan untuk saluran drainase, akan ditutup box culvert dan tiang listrik maupun kabel udara akan ditertibkan dengan ditaruh dipinggir jalan.

Baca juga:

Advertisement

“Kita tutup saluran drainase ini dengan box culvert. Dimensi sungai kita lebarkan dan kedalaman ditambah dari dua meter menjadi 3 sampai 4 meter. Terus, lebar 9 sampai 10 meter ruas Jalan Bromo-Semeru dari satu jalur dijadikan 2 lajur,” ujarnya.

Masih menurut Alfi, secara keseluruhan nanti akan menggunakan fasilitas umum (Fasum) kota. Artinya, dalam pelebaran jalan, ini tidak ada titik pembebasan lahan milik warga sebagai imbasnya.

Sedangkan pelaksanaan lelang, akan dilaksanakan Februari sampai Maret 2023 ini. Dengan target pelaksanaan pekerjaan, empat sampai enam bulan selesai.

“Kita inginkan dari sisi teknik, non teknik, perhitungan waktu kita percepat pengadaan lelang. Kita percepat jangan sampai di akhir tahun pelaksanaan tidak selesai,” tegas Alfi. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas