Kota Batu

Pastikan Kelayakan Hewan Kurban di Pedagang Musiman, Dinas Pertanian Kota Batu Siapkan Pemeriksaan

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Dinas Pertanian Kota Batu segera turun lapangan untuk memeriksa kelayakan hewan kurban di beberapa titik di Kota Batu. Rencananya, mereka bakal menyasar hewan kurban yang dijual di tingkat pedagang musiman. Kegiatan tersebut, bertujuan untuk mengetahui kelayakan hewan yang akan disembelih dan selanjutnya dikonsumsi oleh manusia.

Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Heru Yulianto, menjelaskan kegiatan pemeriksaan terhadap hewan kurban tersebut merupakan program tahunan menjelang Hari Raya Idul Adha. “Menjelang Idul Adha ini, kami secepatnya turun lapangan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban di pedagang musiman. Selain itu, juga ke beberapa kelompok peternak ataupun di kandang milik masyarakat,” terangnya di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (22/06/2023) siang.

Baca juga :

Untuk memaksimalkan pemeriksaan itu, ujarnya, Dinas Pertanian akan dibantu oleh tenaga dari perguruan tinggi. Petugas gabungan ini, akan berkeliling mengecek kesehatan seluruh hewan kurban milik pedagang dan peternak di antaranya sapi dan kambing.

Advertisement

Usia dilakukan pemeriksaan, imbuhnya, nantinya akan diberikan tanda berupa stiker. Yakni, stiker yang menjelaskan bahwa hewan tersebut sudah layak dijual. Serta, akan diberikan tanda juga yang menunjukkan hewan itu sehat dan dinyatakan aman untuk disembelih serta dikonsumsi.

“Jadi, tujuan dari pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban yang akan dijual. Karena, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjual hewan kurban. Bahwa di antaranya hewan sudah berusia dua tahun, tidak sakit dan sudah terverifikasi oleh tenaga medik veteriner,” jelasnya. (put/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas