Hukum & Kriminal

Operasi Patuh Semeru 2023 Polres Batu Catat Sekitar 97 Tilang Manual dan 1.317 Tilang E-TLE Statis

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Sebanyak 464 kendaraan kedapatan melakukan pelanggaran yang terekam melalui mobil INCAR (integrated node capture attitude record). Jumlah keseluruhan pelanggaran itu, terhitung selama dua minggu atau tercatat dari pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2023.

Kasatlantas Polres Batu, AKP Lya Ambarwati, mengatakan selama pelaksanaan operasi, mobil INCAR terus berpatroli di wilayah yang menjadi titik rawan kecelakaan dan pelanggaran. Antara lain, seperti di area Jalan Diponegoro, khususnya di depan area Lippo Plaza.

“Selama Operasi Patuh Semeru 2023, kami mencatat 464 kendaraan yang melanggar melalui mobil INCAR,” terangnya di Pos Alun-alun Kota Batu, Rabu (26/07/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Pelanggaran yang didapat, tambahnya, biasanya pengendara yang datang dari Jalan Wukir langsung mengarah ke Barat di Jalan Diponegoro. Padahal, jalan itu harusnya satu arah. Selain melawan arah, mobil tersebut juga dapat mendeteksi pelanggaran tidak memakai helm.

“Selama operasi itu, kami juga mencatat ada sekitar 97 tilang manual dan 1.317 dari tilang E-TLE Statis. Sementara, ada ribuan teguran simpatik yang diberikan,” tuturnya.

Lebih dari itu, jelas Lya, pelanggaran yang terbanyak ialah tak memiliki SIM, sekitar 526 pelanggar. Serta, ada 428 pengendara motor yang tak memakai helm. Sementara itu, untuk pelanggaran melawan arus, ada sekitar 360 pengendara. Tidak memakai sabuk Pengaman 266 dan bonceng tiga 262. “Di operasi ini yang lebih ditekankan adalah disini adalah edukasi,” paparnya. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas