Kota Batu

Angkatan Kerja Warga Kota Batu Kalah Bersaing dengan Luar Kota

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu menyebutkan angkatan kerja warga Kota Batu, masih kalah bersaing dengan angkatan kerja yang berasal dari luar kota. Hal itu, disampaikan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batu, Adiek Imam Santoso, Jumat (28/07/2023) tadi.

Disampaikan, banyaknya industri wisata yang tumbuh di Kota Batu, tidak sepenuhnya mampu menyerap angkatan kerja warga di Kota Batu. Justru, angka kerja yang banyak terserap adalah dari luar kota.

“Angkatan kerja yang berasal dari dalam Kota Batu, masih kalah bersaing dengan luar Kota Batu. Salah satu sebab, karena rata-rata angkatan kerja dari Kota Batu, adalah lulusan SMP atau maksimal SMA,” ujarnya.

Baca juga :

Advertisement

Karena kondisi itu, papar Adiek, tentu saja ini menjadi pekerjaan rumah dinasnya. Sehingga, pihaknya akan segera mengambil langkah untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Tentunya, supaya memiliki keahlian untuk memasuki peluang pekerjaan.

“Kondisi ini memang menjadi problem. Ini yang menjadi konsen kami, bagaimana ketika nanti masuk dunia kerja harus bersertifikasi kompetisi. Sehingga, lulusan memiliki keahlian,” tegasnya.

Diketahui, berdasar data BPS Kota Batu, disebutkan jumlah angkatan kerja pada Agustus 2021 sebanyak 123.327 orang. Angka tersebut naik sebanyak 3.607 orang jika dibanding Agustus 2020. Sedangkan, sejalan dengan kenaikan jumlah angkatan kerja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga naik sebesar 1,41 persen. (put/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas