Kabar Desa

Jelang Nataru, Harga Cabai di Kota Batu Terpantau Merangkak Naik

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Harga sejumlah cabai di Kota Batu, terpantau mengalami kenaikan menjelang Nataru.

Dari data yang dihimpun, harga cabai rawit yang sebelumnya berada diangka Rp 55 ribu perkilogram, kini naik di angka Rp 85 ribu perkilogram. Kemudian cabai merah keriting yang sebelumnya berada di angka Rp 63 ribu perkilogram, naik menjadi Rp 73 ribu perkilogram. Sedangkan untuk harga cabai merah besar yang sebelumnya berada diangka Rp 69 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 79 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang Pasar Pagi Kota Batu, Sutiani, menyebutkan bahwa kenaikan harga cabai ini dimulai saat memasuki Desember 2023. “Kalau bulan lalu (November, red) memang sudah kenaikan, tetapi masih belum terasa. Itu karena, karena hanya beberapa cabai yang naik. Tetapi masuk bulan ini, rata-rata naik Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu,” terangnya, Minggu (10/12/2023) tadi.

Baca juga:

Advertisement

Imbas dari kenaikan harga cabai ini, ujarnya, hampir seluruh pedagang mengurangi stok jualan. Itu karena, akan berdampak pada stok permintaan konsumen.

“Yang cukup terasa memang di kenaikan harga cabai rawit, karena di atas Rp 10 ribu,” jelasnya.

Salah satu pembeli, Puji Astutik, mengaku karena kenaikan harga tersebut, dirinya terpaksa harus mengurangi pembelian cabai. Itu karena, kalau modalnya dipaksakan untuj membeli cabai, maka modalnya akan habis.

“Ya terpaksa harus dikurangi. Kalau dipaksa beli, modal saya ya akan habis. Karena cabai sendiri bagaian dari apa yang dijualnya,” kata perempuan penjual bakso ini. (put/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas