Kota Batu

Jadi Langganan Banjir Sejak 2015, Ratusan Warga Bumiaji Ngluruk DPRD Kota Batu

Diterbitkan

-

Memontum Kota Batu – Sekitar 500 orang dari warga Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, berunjuk rasa di Kantor DPRD Kota Batu, Jumat (22/12/2023) tadi. Kedatangan warga, untuk mengkeluhkan tempat tinggalnya yang jadi langganan banjir sejak tahun 2015.

Aksi unjuk rasa ini, mulai dilakukan sekitar pukul 09.00. Dimana, ratusan warga membentangkan banner dengan berbagai macam tulisan dan menyampaikan aspirasinya dengan menggunakan pengeras suara.

Diantaranya seperti ‘Kali Paron Nagih Janji’, ‘Ojo Guyon Banjir Iku Bencana’, ‘Kami Butuh Aksi Bukan Janji’, ‘Iki Bukan Wisata Banjir’, ‘Mana Janji Manismu Dulu’ dan berbagai tulisan lainnya. Selain itu, mereka juga membagikan bunga Mawar putih.

Kepala Desa Bumiaji, Edy Suyanto, mengatakan bahwa unjuk rasa yang dilakukan warga tersebut merupakan bentuk kekesalan. Khususnya, warga Dusun Beru, Desa Bumiaji, yang sudah tidak nyaman lagi di tempat tinggalnya. Sebab, setiap tahunnya selalu dilanda banjir. Bahkan di tahun 2021 lalu, sampai merenggut korban jiwa.

Advertisement

Baca juga :

“Aksi kami ini damai. Warga Desa Bumiaji tidak anarkis dan taat dengan hukum. Kami datang hanya untuk menyampaikan aspirasi. Mohon kami diterima dengan baik,” terangnya, saat berada di halaman Gedung DPRD Kota Batu.

Aksi unjuk rasa seperti yang dilakukan warga Desa Bumiaji, diakui Eddy, sebenarnya sudah tidak selayaknya terjadi di Kota Batu. Namun jika hanya diam saja, maka di Desa Bumiaji akan terus menerus mengalami banjir setiap tahunnya. Apalagi, sejak tahun 2015 di desanya menjadi langganan banjir.

“Kami sudah tidak nyaman lagi. Kami mohon ada solusi dari DPRD Kota Batu,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Batu, Nurochman, mengatakan untuk menjaga lingkungan sudah menjadi komitmen semua. Atas kejadian yang dialami warga Desa Bumiji, maka Pemkot Batu untuk sungguh-sungguh mengidentifikasi penyebab banjir.

Advertisement

“Hari ini, kita rekomendasikan ke Pemkot Batu adalah mengidentifikasi penyebab banjir. Ini sangat penting, karena kalau kemudian soal tindakan pasca banjir, itu pasti akan dilakukan oleh pemerintah. Tetapi, sebelum terjadinya banjir ini lebih penting apa yang kita lakukan untuk menanggulanginya,” jelasnya. (put/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas